PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

AL ALAWIYAH, NINGMAS SALIMAH (2018) PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
N S AL ALAWIYAH (13210189).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Media Video Terhadap Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an di MI Ma’had Islamy Palembang. Kajian ini di latarbelakangi masih banyak siswa yang terbata-bata dalam membaca al-Qur’an, faktor keluarga yang tidak terlalu memperhatikan anaknya dalam membaca al-Qur’an, kurangnya semangat siswa dalam belajar. Permasalahan penelitian ini: Bagaimana penerapan media video terhadap kemampuan siswa membaca al-Qur’an di MI Ma’had Islamy Palembang? Adakah pengaruh penerapan media video terhadap kemampuan siswa membaca al-Qur’an di MI Ma’had Islamy Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media video terhadap siswa membaca al-Qur’an dan adakah pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan siswa membaca al-Qur’an di MI Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental design kategori pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Pertemuan pertama siswa diberikan tes awal (pre-test), pertemuan kedua, ketiga dan keempat siswa diberikan materi, dan pertemuan kelima siswa diberikan tes akhir (post-test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebelum digunakannya media video, yaitu 66,68 dan setelah digunakannya nilai rata-rata meningkat menjadi 78,3. Dari hasil uji t didapat to = 16,85 dan pada taraf signifikasi 5% ttabel = 2,04 dan taraf signifikasi 1% ttabel = 2,76. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 16,85) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt 5% = 2,04 dan tt 1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt. Maka dari pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh dari penerapan media video terhadap kemampuan siswa membaca al-Qur’an di MI Ma’had Islamy Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:44
Last Modified: 27 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item