STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MAN 1 PALEMBANG

Rozalia, Rozalia (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROZALIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT pada materi sistem pencernaan.. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe STAD sebagai variabel bebas dan hasil belajar ranah kognitif sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode eksperimen rancangan penelitian ini menggunakan Kuasi-Eksperimen. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Tes tulis digunakan untuk melihat hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis, terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Hal ini dapat dilihat dari hipotesis menggunakan rumus T-test dengan taraf signifikan 5% yang menunjukkan Thitung = 3,851 > Ttabel = 1,67 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:44
Last Modified: 27 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item