PENGARUH METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 1 BELITANG

LIYANTI, RENI (2018) PENGARUH METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 1 BELITANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode snowball drilling terhadap pemahaman konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Belitang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching- only pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode snowball drilling dengan siswa yang menggunakan metode diskusi dengan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti H diterima dan H ditolak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan metode snowball drilling memiliki nilai rata-rata n-gain 0,71, sedangkan siswa yang menggunakan metode diskusi memiliki nilai rata-rata n-gain 0,38 artinya pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan data penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode snowball drilling berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri 1 Belitang. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Metode snowball drilling

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:45
Last Modified: 27 Sep 2021 08:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item