KARAKTERISTIKBUKUTEKSAKIDAHAKHLAKKELASXI MADRASAHALIYAH‘AISYIYAHPALEMBANGDANMADRASAH ALIYAHAL-KHOIRIYAHDESATIMBULJAYAKEC.MUARASUGIHAN KAB.BANYUASIN

ALAMSYAH, ALAMSYAH (2016) KARAKTERISTIKBUKUTEKSAKIDAHAKHLAKKELASXI MADRASAHALIYAH‘AISYIYAHPALEMBANGDANMADRASAH ALIYAHAL-KHOIRIYAHDESATIMBULJAYAKEC.MUARASUGIHAN KAB.BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dilihat peran dari buku teks yaitu sebagai sumber belajar, alat untuk belajar dan sumber rujukan untuk siswa. Buku teks pelajaran diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang benar dan tidak menyesatkan serta dapat mengarahkan pola perilaku dan karakter yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam khususnya di madrasah aliyah 'Aisyiyah Palembang dan madrasah aliyahAl-KhoiriyahDesaTimbulJayasertaumumnyabagisemuamdrasahaliyah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini diantaranya yaitu, Mengetahui karakteristik buku teksAkidahAkhlak kelas XI MA‘Aisyiyah dan MadrasahAliyah Al-Khoiriyah. Mengetahui arah visi dan misi tujuan buku teks Akidah Akhlak kelas XI di MA ‘Aisyiyah dan MA Al-Khoiriyah. Mengetahui proses seleksi pemilihan buku teks Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah ‘Aisyiyah Palembang dan buku teks MadrasahAliyahAl-KhoiriyahBanyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu berdasarkan pada fakta di lapangan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan informan utama yaitu 2 buku teks pelajaran yang digunakan. Dan informan pendukung dalam penelitian ini adalah 2 kepala sekolah untuk memperoleh data yang akurat maka peneliti menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, interview,dokumentasi,dantriangulasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pertama, Buku teks yang digunakan di masing-masing madrasah mempunyai karakteristik sesuai lingkungan dan lembaga yang menaunginya yaitu madrasah aliyah 'Aisyiyah Palembang memiliki karakter yang dominan dalam pengembangan materi yang ada dalam buku teks dan kemuhamadiyahannya sedangkan madrasah aliyah Al-Khoiriyah memiliki karakter penguatan dan menjaga akhlak yang baik dan nilai-nilai keNUannya. Kedua, adapun visi dan misi yang terkandung dalam masing-masing buku teks yaitu menanamkan nilai-nilai yang berbeda yaitu madrasah aliyah 'Aisyiyah palembang menekankan pengetahuan yang luas, sedangkan madrasah aliyah Al-Khoiriyah menekankan pada penanaman akhlak yang baik dan terjaga. Ketiga, dalam pemilihannya buku teks pelajaran di madrasah aliyah 'Aisyiyah melibatkan 3 orang yaitu guru, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan kepala madrasah, sedangkan madrasah aliyah Al-Khoiriyah melibatkan 3 orang namunberbedapolanyayaitukepalamadrasah,ketuayayasandangurubidangstudi. Dari hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa buku teks yang digunakan sudah dapat dikatakan baik kerena sebagian besar syarat dan ketentuan dalam penulisan buku teks pelajaran telah terpenuhi. Peneliti memberikan saran sebaiknya pihak madrasah melakukan evalusi kelayakan isi dan kelayakan penyajian buku teks pelajaran secara periodik, karena relevansi buku teks pelajaran terhadap minatdankebutuhansiswaselaluberkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:45
Last Modified: 27 Sep 2021 08:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item