PENGARUH PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

wulandari, novita (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NOVITA WULANDARI 13270079.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode project based learning (pembelajaran berbasis proyek) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode project based learning (pembelajaran berbasis proyek) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, Bagaimana pengaruh penerapan model projed based learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode project based learning dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yang pertama sumber data skunder yaitu data yang diperoleh dari arsip, dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Alat pengumpul data yaitu angket berupa pretest dan posttest, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus Rxy dan TSR. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode project based leraning kategori rendah ini terbukti sebanyak 5 %. Kedua, setelah menggunkan metode project based learning skor tertinggi mencapai 84 % mencapai Nilai KKM. Ketiga, Pengaruh metode pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ini terbukti dari nilai pre test dan post test siswa. Jadi, hipotesis nihil yang diajukan ditolak. Dengan membandingkan besarnya “r” yang kita peroleh dalam perhitungan (ro = 0,61) dan besarnya “r” yang tercantum pada rtabel 5% = 0,374 dan rtabel 1% = 0,47 maka dapat diketahui bahwa ro lebih besar dari rt yaitu 0,37<0,61>0,47

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:45
Last Modified: 27 Sep 2021 08:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item