JIMMI, VICTOR (2017) SKRIPSI VICTOR JIMMI (PGMI).pdf. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang Perana orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Nurulhuda Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Kurangnya kontrol orang tua di rumah terhadap kegiatan belajar anak, sebagian besar orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, Orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada guru, sehingga menyebabkan pendidikan anak mereka kurang control, Orang tua belum berperan aktif dalam mendukung belajar anak di sekolah, sehingga anak jarang mengerjakan tugas sekolah Rumusan massalah dalam penelitian ini, bagaimana peranan orang tua siswa yang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar, bagaimana peranan orang tua siswa yang kurang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik yang berprestasi dan yang kurang berprestasi Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III,IV dan V dengan subyek 6 siswa dan 6 orang tua siswa. Sampel penelitian terdiri dari enam siswa dan enam orang tua siswa kelas III,IV dan V MI Nurulhuda Palembang. penentuan subyek penelitian diambil dari hasil prestasi atau juara kelas. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan skala motivasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi, sangat memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta watu yang cukup untuk anak-anaknya, Subyek dua peran orang tua yang kurang berprestasi memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar siswa, dan Subyek yang ketiga factor-faktor yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan adanya perhatian, hadiah, hukuman, menyediakan keperluan sekolah dan hadiah serta waktu yang cukup untuk anak. kurang berprestasi dikarenakan pemanjaan yang berlebihan, kekhawatiran yang luar biasa dan kurangnya rasa sayang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:46 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12883 |
Actions (login required)
View Item |