PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI MISI NABI MUHAMMAD SAW KELAS VII DI SMP JIHADIYAH PALEMBANG

FIANA, SRI OCTA (2017) PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI MISI NABI MUHAMMAD SAW KELAS VII DI SMP JIHADIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI OCTA FIANA1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI OCTA FIANA1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ada kecenderungan meningkatnya masalah belajar anak yang berhubungan dengan konsentrasi. Sebagai contoh ketika guru memberikan penjelasan, banyak anak bercakapcakap dengan teman lain sehingga penjelasan dari guru tidak diperhatikan oleh anak. Guru mengeluh bahwa rata-rata di kelasnya terdapat gangguan konsentrasi yang mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah serta menggunakan LKS sebagai pemberian tugas, sehingga konsentrasi belajar anak ketika pembelajaran belum baik Melihat berbagai faktor yang dapat mengganggu konsentrasi belajar, baik secara internal maupun faktor eksternal, maka sebagai seorang guru upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian stimulus atau rangsangan yang baik bagi lingkungan pembelajaran anak. Salah satu stimulusi bagi lingkungan anak adalah dengan menggunakan metode yang tepat dan menarik bagi anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana konsentrasi belajar siswa sebelum diterapkan metode scramble mata pelajaran PAI materi misi Nabi Muhammad SAW kelas VII di SMP Jihadiyah Palembang ? bagaimana konsentrasi belajar siswa sesudah diterapkan metode scramble mata pelajaran PAI materi misi Nabi Muhammad SAW kelas VII di SMP Jihadiyah Palembang ? Apakah ada pengaruh metode scramble dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi misi Nabi Muhammad SAW kelas VII di SMP Jihadiyah Palembang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Jihadiyah Palembang yang berjumlah 122 siswa, dari data tersebut diambil kela VII A dan VII B sebagai sampel yang berjumlah 54 siswa. Dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik Randem Sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumetasi sekolah. Data diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR, presentase dan uji t. Hasil penelitian yang peneliti lakukan berdasarkan hasil analisis nilai uji t diperoleh lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,72 <3,6>2,03). Dengan demikian dapat dipahami bahwa metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII di SMP Jihadiyah Palembang. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar siswa sebelum digunakannya metode pembelajran scramble.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:47
Last Modified: 27 Sep 2021 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item