PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPRATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I TELADAN PALEMBANG

fitriah, jannatul (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPRATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JANNATUL FITRIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengangkat “ Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang”. Hal ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional yang kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pe Bagaimana penerapan Model Cooprative Learning tipe Tebak kata pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang ? b. Bagaimana Hasil Belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkan Model Pembelajaran Cooprative Learning tipe Tebak kata pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1Teladan Palembang? c. Bagaimana pengaruh penerapan Model Pembelajaran Cooprative Learning tipe Tebak kata terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang? pembelajaran model cooperative learning tipe tebak kata terdapat hasil belajar kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen, yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kontrol atau manipulasi semua variabel yang relevan. Sehingga penelitian ini hanya menggunakan satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pilihan ganda dengan 4 option sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa (kelas eksperimen). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data pretest dan postest. Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata dari kelompok eksperimen sebesar 9,64. Hasil uji hipotesis uji t menunjukkan bahwa > (9,64> 4,16 ). Oleh karena itu, hipotesis Ha terdapat perbedaan yang nyatadengan hipotesis Ho. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang berbeda antara pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata yang digunakan terhadap hasil belajar pada materi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:47
Last Modified: 27 Sep 2021 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item