Pendekatan Metode Tahfiz Terhadap Hafalan Surat-Surat Pendek Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang

Susmawati, Yanni (2017) Pendekatan Metode Tahfiz Terhadap Hafalan Surat-Surat Pendek Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YANNI SUSMAWATI 12270154.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hafalan siswa dalam pelajaran Qur‘an Hadits kelas IV.b disebabkan metode yang disampaikan oleh guru kurang tepat sehingga nilai Qur‘an Hadits siswa tersebut masih dibawah KKM. Melalui metode Tahfiz ini diharapkan mampu membuat siswa lebih mudah dalam menghafalkan surat-surat pendek yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya pelajaran Qur‘an Hadits, sehingga hafalan siswa bisa meningkat serta mencapai KKM yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimana hasil hafalan surat surat pendek siswa di MI Qur‘aniah IV Palembang sebelum di terapkan pendekatan metode tahfiz, b. Bagaimana hasil hafalan surat-surat pendek siswa di MI Qur‘aniah IV Palembang sesudah di terapkan pendekatan metode tahfiz, c. Bagaimana Pengaruh pendekatan metode tahfiz terhadap hasil hafalan siswa di MI Qur‘aniah IV Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang menekankan suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Pre�ekperimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IV.b sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, penerapan metode tahfiz yang dilaksanakan praktek langsung selama 5x pertemuan dengan materi Qs. al-Ma‘un, Qs. al-Kafirun, Qs. al-Ashr, Qs. al-Fil, Qs. al-Qadr. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode tahfiz mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase hafalan siswa pada saat pre-test yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (18%), nilai sedang 7 orang siswa (44%), dan nilai rendah 6 orang siswa (38%) sedangkan pada post-test yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 5 orang siswa (31%), nilai sedang 8 orang siswa (50%), dan nilai rendah 3 orang siswa (19%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji ―t‖ didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0=-3,61) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%= 2,13 dan tt.ts.1%= 2,95 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt; yaitu 2,13<-3,61>2,95. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Tahfiz dalam meningkatkan hafalan siswa kelas IV.b pada mata pelajaran Qur‘an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Qur‘aniah IV Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:47
Last Modified: 27 Sep 2021 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item