PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AISYIYAH PALEMBANG

SUJARWADI, ANTON (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ANTON SUJARWADI NIM 12210029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Aisyiyah Palembang”. Adapun masalah didalam penelitian adalah yang pertama, Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kelas Eksperimen Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Aisyiyah Palembang? yang kedua, Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kelas Kontrol Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Aisyiyah Palembang? yang ketiga, Apakah Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Aktivitas Belajar Siswa antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Aisyiyah Palembang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Eksperimen di MTs Aisyiyah Palembang. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu kuantitatif berupa data jumlah guru, jumlah siswa, data hasil angket aktivitas belajar siswa, data hasil penilaian observasi aktivitas belajar siswa di MTs Aisyiyah Palembang. Data kualitatif berupa data berupa dokumentasi dari pihak sekolah dan berupa kalimat meliputi pelaksanaan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer yang diperoleh langsung dari Kepala Sekolah, guru pengampu Fiqih, dan siswa sebagai sampel. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari dokumentasi dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji-t. Hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah yang Pertama, Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah terdapat 12 orang siswa tergolong tinggi dengan presentase (36,36%), 15 orang siswa tergolong sedang dengan persentase (45.45%), dan 6 orang siswa tergolong rendah dengan persentase (18.18%). Yang kedua aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Aisyiyah Palembang yaitu 5 orang siswa tergolong tinggi dengan presentase (15.15%), 22 orang siswa tergolong sedang dengan persentase (66.66%), dan 6 orang siswa tergolong rendah dengan persentase (18.18%) yang ketiga, Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Aktivitas Belajar Siswa antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Aisyiyah Palembang. yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil Aktivitas Belajar siswa Pada kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hal ini dikarenakan thitung lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1% yaitu 1,66< 10,93 ˃ 2,38 maka H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:48
Last Modified: 27 Sep 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item