PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI IPA MAN 1 PALEMBANG

MARTADINATA, ILHAM (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI IPA MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Isi Skripsi Beserta Lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Di kelas XI IPA MAN 1 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian Quasi experiment (Eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control grup. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Palembang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Adapun yang dimaksudkan sebagai purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penentuan sampel pada penelitian ini akan diambil dengan melaksanakan tes awal (pretest) pada semua siswa kelas XI IPA MAN 1 Palembang tahun pelajaran 2016/2017. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas Jigsaw dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Think Pair Share (TPS). Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes awal (tes untuk menentukan sampel) dan instrument tes akhir (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah divalidasi dengan Uji Ahli. Instrumen tes akhir diujicobakan di kelas ujicoba, lalu dilakukan analisis dengan Uji Validasi (Empiris) dan Uji Reliabilitas untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal tes akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas Jigsaw dengan jumlah siswa 31 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 86,94. Sedangkan kelas Think Pair Share (TPS) dengan jumlah siswa 36 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 80,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI IPA MAN 1 Palembang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis dengan Uji-t sampel independen (Independent t-test). Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa thitung > ttabel, pada taraf signifikasi 5% yaitu 7,42 > 1,669. Kata kunci: Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:48
Last Modified: 27 Sep 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item