ANGGRAINI, TARI (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Tari Anggraini (13270129).pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tematik dirancang dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang optimal dan maksimal dengan cara mengangkat pengalaman belajar yang optimal dan maksimal pengalaman anak didik yang mempunyai jaringan dari berbagai aspek kehidupannya dan pengetahuannya. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik ada beberapa dampak positif dan negatif yang guru hadapi seperti yang ditemukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model terkait masalah bahan ajar mengajar yang belum valid dan alokasi jam pelajaran yang kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana problematika perencanaan pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang ? 2. Bagaimana problematika pelaksanaan pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang ? Penelitian ini merupakan jenis Deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan problematika perencanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 meliputi problematika pada kegiatan pemetaan kompetensi dasar yang disebabkan buku utama pembelajaran tematik yakni Buku Sekolah Elektronik (BSE) tidak dimiliki pihak MIN 2 Model Palembang. Selanjutnya problematika pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dimulai dari a) problematika mencantumkan materi pembelajaran yang disebabkan materi pada buku tidak sesuai dengan kompetensi dasar yang ada, b) problematika guru saat mencantumkan model/metode pembelajaran disebabkan kuranganya pemahaman guru mengenai langkah-langkah dalam menerapkan model/metode pembelajaran yang bervariasi, c) Problematika guru dalam mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran disebabkan karena guru tidak memiliki buku pegangan (BSE), d) problematika mencantumkan penilaian autentik yaitu guru kesulitan untuk membuat berbagai bentuk rubrik penilaian. Problematika pelaksanaanya yakni: a) problematika pengaturan kelas pada pelaksanaan pembelajaran yakni kurang begitu siapnya fasilitas pendukung untuk penerapan pembelajaran tematik sepenuhnya di MIN 2 Model Palembang, b) problematika kegiatan interaksi yakni guru kurang mampu guru menguasai kelas dalam pembelajaran tematik, c) problematika penggunaan media/alat/bahan/sumber belajar yani pembuatanya bukan penggunaanya karena guru kurang melakukan persiapan, d) problematika penggunaan alokasi waktu ada pada jam pelajaran tematik yang dirasa terlalu singkat, e) problematika penilaian selama dan sesudah pelaksanaan pembelajaran yang dirasakan guru terlalu banyak dan cukup memakan waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12927 |
Actions (login required)
View Item |