HERAWATI, APRILIANA ISTI (2016) PENGARUH STRATEGI SILENT DEMONSTRATION (DEMONSTRASI BISU) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
APRILIANA ISTI HERAWATI (12270009).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penerapan strategi pembelajaran dan minat belajar siswa merupakan dua hal yang saling berhubungan, keduanya saling mendukung satu sama lain. Tercapaianya tujuan pembelajaran secara maksimal merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran yang sebenarnya. Penerapan dan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan hal yang sangat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA . Demikian pula sebaliknya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat dipengaruhi oleh penerapan dan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Dari uraian di atas, tidak heran jika kemudian timbul asumsi dalam benak orang banyak bahwa idealnya seseorang (guru) yang dapat dikatakan berhasil dalam proses pengajarannya pada mata pelajaran IPA yaitu seharusnya guru tersebut menciptakan minat belajar siswa yang baik. Namun pada kenyataannya, pada saat ini guru kurang inovatif dan kreatif dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dalam menjelaskan materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, para guru kebanyakan yang monoton dalam menggunakan strategi pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga pada akhirnya tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini terfokus pada tiga permasalahan yaitu, bagaimana penerapan strategi silent demonstration (demonstrasi bisu) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V, bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V, dan apakah ada pengaruh penerapan strategi silent demonstration (demonstrasi bisu) terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil populasi kelas V dan yang menjadi objek penelitian ini adalah kelas V A yang berjumlah 47 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Untuk mengambil data, penulis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, untuk mengumpulkan data-data penulis menggunakan dokumentasi, observasi, angket dan tes, setelah data tersebut dikumpulkan kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis menggunakan statistik yaitu mean, standar deviasi dan presentase, dan untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan peta korelasi product moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisa terhadap data tentang penerapan strategi silent demonstration (demonstrasi bisu) terhadap minat belajar siswa kelas V “r”=2,02 . Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil ditolak (Ho) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi silent demonstration (demonstrasi bisu) terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 07:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |