PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

FITRI, YAUMIL (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN UMIL ASLIIIII.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MI Najahiyah Palembang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru masih terkesan monoton sehingga kurangnya hasil belajar siswa, dan siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. (2) Bagaimana hasil belajar Siswa yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. (3)Adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Najahiyah Palembang. Desain penelitian yang digunakan Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas V A MI Najahiyah Palembang sebagai kelas eksperimen dan kelas V B MI Najahiyah Palembang adalah kelas kontrol Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar sejarah siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Dari analisis tersebut maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah memperoleh mean 62. mengkategorikan yang tergolong tinggi sebanyak 12 siswa (41,37%), tergolong sedang sebanyak 10 siswa (4,48%), dan yang tergolong rendah 7 siswa (24,13%). (2) pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang memperoleh mean 78. dengan kategori tergolong tinggi 3 siswa (10,34%), tergolong sedang sebanyak 21 siswa (72,41%), dan tergolong rendah 5 siswa (17,24 %). (3) ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap Hasil belajar siswa kelas V di MI Nahahiyah Palembang mendapatkan hasil to maka langkah selanjutnya adalah memberikan interprestasi terhadap to : df = (N1 + N2) – 2 = (29-29) – 2 = 56. dengan rincian : -2,00 < 3,94 > 2,65. dapat diketauhi bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. dan ditarik kesimpulan, ada pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:49
Last Modified: 27 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item View Item