PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG

putri pratiwi, wully (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Wully putri pratiwi 13210299.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTs Patra Mandiri Palembang. Permasalahan penelitian ini adalah apa bentuk-bentuk kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang, faktor apakah yang mempengaruhi kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang dan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa dan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui gambaran tentang kenakalan siswa, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menaggulangi kenakalan siswa. Informen dalam penelitian ini adalah siswa yang ada di MTs Patra Mandiri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana seluruh data baik primer maupun sekunder diambil dari data yang dihasilkan melalui wawancara dan buku-buku yang berhubungan dengan peran guru dan kenakalan siswa serta buku-buku terkait lainnya yang kemudian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kepustakaan. Setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan diklasifikasikan serta selanjutnya dianalisa dan diambil kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang adalah termasuk kategori kenakalan biasa hal ini terlihat dari siswa yang sering terlambat datang kesekolah, tidak mengerjakan tugas sekolah, membantah nasihat guru, berkelahi dengan teman, dan bolos sekolah. faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang adalah faktor intern dan faktor ekstren. faktor yang mempengaruhi siswa faktor keluarga dan pengaruh teman sebaya, dimana faktor keluarga yang broken home dan kedua orang tua yang sibuk, akan menjadikan anak bingung dan tertekan batinnya, ia merasa kurang diperhatikan, kurang mendapatkan kasih sayang sehingga siswa tersebut mencari perhatian di dalam sekolah dengan berbuat tindakan kenakalan, sedangkan faktor pengaruh teman sebaya lebih besar pengaruhnya dibandingkan orang tua, pengaruh yang negatif ajakan teman akan memunculkan tindakan kenakalan. adapun peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Patra Mandiri Palembang adalah dengan memberikan korektor, motivator, fasilitator, pembimbing dan evaluator. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Patra Mandiri Palembang sudah berjalan dengan baik hal ini terlihat dari peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai korektor, motivator, fasilitator, pembimbing dan evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:49
Last Modified: 27 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item