PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS SESAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 41 PALEMBANG

SAPUTRA, BAYU CAHYA (2017) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS SESAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 41 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAYU CAHYA SAPUTRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Meningkatkan Rasa Solidaritas Sesama Siswa di SMP Negeri 41 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas kegiatan shalat berjamaah di SMP Negeri 41 Palembang?, bagaimana solidaritas sesama siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan salat berjamaah di SMP Negeri 41 Palembang?, apakah ada pengaruh dari pembiasaan salat berjamaah dalam meningkatkan solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan shalat berjamaah, untuk mengetahui solidaritas sesama siswa dan untuk mengetahui pengaruh kegiatan pembiasaan shalat berjamaah terhadap rasa solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang. Kegunaan dalam penelitian ini secara teoritis adalah mengembangkan tentang shalat berjamaah serta manfaat shalat berjamaah dalam meningkatkan rasa solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang. Secara praktis, bagi guru adalah dapat memberikan pemahaman dalam kegiatan pembiasaan shalat berjamaah. Bagi sekolah adalah sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam mengevaluasi kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di SMP Negeri 41 Palembang. Bagi peneliti adalah menambah pengetahuan dan pemahaman dari obyek yang diteliti guna penyempurna dan bekal di masa yang akan datang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang diguanakan ialah sumber data primer dan sumber data skunder. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 41 Palembang pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 695 siswa yang terdiri dari kelas VII sampai kelas IX. Dari populasi tersebut maka penulis mengambil sampel dari kelas VIII yaitu kelas VIII.2 yang berjumlah 36 siswa. Data diperoleh dari melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penulis menganalisa dengan menggunakan rumus uji-t. Pertama, setelah dilakukan uji statistik dengan rumus Tinggi, Sedang dan Rendah (TSR) ternyata rasa solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang sebelum penerapan pembiasaan salat berjamaah tergolong dalam kategori sedang, hal ini dibuktikan dari hasil angket yang diberikan oleh penulis kepada siswa yaitu sebanyak 23 siswa (63,89%) dari 36 siswa yang menjadi responden. Kedua, rasa solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang setelah penerapan pembiasaan salat berjamaah tergolong dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan dari hasil angket yang diberikan oleh penulis kepada siswa yaitu 17 siswa (47,22%) dari 36 siswa yang menjadi responden. Ketiga, terdapat pengaruh positif antara pembiasaan salat berjamaah dalam meningkatkan rasa solidaritas sesama siswa di SMP Negeri 41 Palembang. Dari hasil perhitungan thitung lebih besar dari ttabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, yaitu harga thitung = 3,08 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03 dan 1% = 2,72 atau dapat ditulis 2,03 < 3,08 > 2,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:49
Last Modified: 27 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item