PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

DAHWI, MUHAMMAD (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Model Pemb. Inkuiri_Bab I.rtf

Download (537kB)
[img] Text
Skripsi Model Pemb. Inkuiri_BAB II.rtf

Download (445kB)
[img] Text
Skripsi Model Pemb. Inkuiri_BAB III.rtf

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV yang Ompai.rtf

Download (721kB)
[img] Text
BAB V yang kesimpulan Ompai.rtf

Download (69kB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah Model Pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk belajar bagaimana menemukan sendiri pemecahan masalah yang sedang dihadapi dan pemahaman materi pembelajaran dari pengalaman yang ditemukan melalui proses pembelajaran inkuiri tersebut. Mengingat pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri bukanlah hal yang dianggap mudah, maka penulis mengangkat tema ini sebagai tugas akhir/skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Permasalahan yang ada dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Apakah Model Pembelajaran Inkuiri dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk Mengetahui Apakah Model Pembelajaran Inkuiri dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis data dalam Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen (Eksperimental research). Data Kuantitatif adalah data untuk mengetahui jumlah siswa, guru, Jumlah tenaga administrasi sarana dan prasarana, sedangkan kualitatif adalah untuk mengetahui gambaran mengenai penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SMKN 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 344 Orang dan sampel dalam penelitian ini dari kelas XI Administrasi 1sebagai Kelas Kontrol berjumlah 38 Orang dan kelas XI Administrasi 2 sebagai kelas Eksperimen berjumlah 38 orang. Adapun Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa besarnya df atau db (N1 + N2 - 2) = 38 +38 - 2 = 74, jika kita cari harga kritik “t” yang tercantum dalam tabel nilai “t”, pada taraf signifikansi 5% dan taraf signifikansi 1% sebagai berikut Pada taraf signifikansi 5% = 1,666 dan Pada taraf signifikansi 1% = 2,378 Dengan demikian t0 jauh lebih besar daripada tt yaitu : 1,666 < 12,013 > 2,378 Karena itu Hipotesis Nihil ditolak. ini berarti antara kedua variabel tersebut di atas terdapat perbedaan yang signifikan, dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Secara signifikan telah dapat menunjukkan efektivitasnya sebagai model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:49
Last Modified: 27 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item