PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMAN 1 BUAY SANDANG AJI OKU SELATAN

RIZAL, RIYAN OKTA (2017) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMAN 1 BUAY SANDANG AJI OKU SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIYAN OKTA RIZAL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan”. Peneliti melakukan penelitian ini bermaksud ingin mengungkapkan sejauh mana pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan siswa, maksudnya adalah pengaruh kesiapan belajar untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan ? (2) bagaimana Keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan ? (3) bagaimana pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan ? Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kuantitatif deskriptif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan dengan jumlah 78 orang yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 53 orang perempuan. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Penulis menggunakan angket untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI. Kemudian data yang didapatkan penulisis analisis dan untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa yang signifikan peneliti menggunakan regresi linear sederhana . Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai F hitung 8,026 > nilai F tabel 3,966 dan dari hasil korelasi menyatakan T hitung 2,833 > T tabel 1,99. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar yang dilakukan oleh siswa di rumah dan di sekolah terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Buay Sandang Aji OKU Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:50
Last Modified: 27 Sep 2021 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item