PENGARUH METODE KATA KUNCI (KEY WORD METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGHINDARI PERILAKU TERCELA KELAS VIII DI SMP ADABIYAH PALEMBANG

MUKAROMAH, DEWI (2016) PENGARUH METODE KATA KUNCI (KEY WORD METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGHINDARI PERILAKU TERCELA KELAS VIII DI SMP ADABIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI MUKAROMAH (11210047).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Kata Kunci (Key Word Method) yaitu teknik mnemonic yang menggunakan kata-kata yang kurang lebih berbunyi serupa dengan kata-kata yang hendak diingat. Langkah-langkah Metode Kata Kunci (Key Word Method) adalah daftar kata-kata yang hendak diingat dikaitkan dengan kata-kata kunci yang berbunyi sama, kemudian dibentuk bayangan mental tentang kata-kata kunci yang berinteraksi dengan terjemahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh Metode Kata Kunci (Key Word Method) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi menghindari perilaku tercela kelas VIII di SMP Adabiyah Palembang Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (experimental method). Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk menentukan beberapa sampel yang akan diambil, maka peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sedangkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Kata Kunci (Key Word Method) terhadap hasil belajar siswa, maka data di analisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode kata kunci (key word method) terhadap hasil belajar siswa pada materi menghindari perilaku tercela mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Adabiyah Palembang. Terbukti dari perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t pada hasil post-test dengan kriteria pengujian yang berlaku adalah Ha diterima jika thitung > ttabel dengan menentukan df atau db = N – 1 = 35 -1 = 34 dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,03, sedangkan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,72. Maka dapat kita ketahui bahwa t0 adalah lebih besar daripada tt , yaitu: 2,03 < 9,98 > 2,72. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan sangat signifikan, karena setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% atau pun 1% t0 tetap lebih besar Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian mengajar dengan menggunakan metode kata kunci (key word method) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi menghindari perilaku tercela mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Adabiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:50
Last Modified: 27 Sep 2021 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item