KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN DAN KEWAJIBAN MERAIH PRESTASI AKADEMIK DI IAIN RADEN FATAH PALEMBANG (STUDI KASUS DI PONPES AHLUL QUR'AN PALEMBANG)

QOSIM, AHMAD (2015) KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN DAN KEWAJIBAN MERAIH PRESTASI AKADEMIK DI IAIN RADEN FATAH PALEMBANG (STUDI KASUS DI PONPES AHLUL QUR'AN PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1.rtf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2.rtf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 3.rtf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 4.rtf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : KEMAMPUAN MENGHAFAL AL- QUR’AN DAN KEWAJIBAN MERAIH PRESTASI AKADEMIK DI IAIN RADEN FATAH PALEMBANG ( STUDI KASUS DI PONPES AHLUL- QUR’AN PALEMBANG ) merupakan penelitian lapangan terhadap santri ponpes Ahlul Qur’an berkenaan dengan kemampuan santri dalam menghafal Al- Qur’an. Orientasi atau latar belakang penelitian ini berangkat dari jaminan Allah SWT tentang pemeliharaan kemurnian Al- Qur’an, dari segala perubahan baik penambahan maupun pengurangan. Hal ini terdapat dalamAl- Qur’an surah AlHijr ayat sembilan. Disisi lain bahwa kata- kata Inna Nahnu, dalam undangundang bahasa arab ialah mengandung arti kami. Ini menunjukkan bahwa dalam pemeliharaan kemurnian Al- Qur’an tersebut ada peran Allah SWT, malaikat Jibril AS, Nabi Muhammad SAW serta undangan bagi umat untuk ikut serta dalam menghafal Al- Qur’an. Selain itu peneliti ingin meneliti langsung mengenai, aktifitas santri ponpes Ahlul Qur’an dalam menghafal Al- Qur’an. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Apa motivasi menghafal Al- Qur’an santri Ahlul Qur’an ? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif ( lapangan ), yaitu penelitian dengan mengutamakan pengamatan ( observasi ) terhadap gejala, peristiwa dan kondisi aktual di masa sekarang. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri Ahlul Qur’an. Sumber data primer ( data pokok ), berupa wawancara dengan para santri, dokumen dan hasil foto. Sedangkan data sekunder ( data penunjang), berupa buku, skripsi, majalah, internet dan bahkan bacaan yang dianggap relevan dengan penelitian ini. Bahwa yang dimaksud dengan kemampuan menghafal Al- Qur’an dan kewajiban meraih prestasi akademik di IAIN Raden Fatah Palembang ( Studi Kasus Ponpes Ahlul Qur’an), adalah mereka yang selalu menyibukkan dengan melafalkan Al- Qur’an baik dalam keadaan shalat maupun, dan kewajiban para santri dalam meraih prestasi akademik, serta adanya ajang MTQ ataupun tidak, mereka selalu berusaha memuraja’ah ( bergantian menyimak dan disimak) atau menakrer ( mengulangi hafalan sendirian sekali- kali dengan melihat Al- Qur’an ). Adapun parameter menghafal Al- Qur’an adalah mempunyai seorang hafidz/ hafidzoh mengetahui halaman yang dibaca sebelah kanan atau sebelah kiri halaman Al- Qur’an dengan standar Al- Qur’an yang digunakan saat menghafal Al- Qur’an dan mempunyai seorang hafidz/ hafidzoh, membenarkan bacaan ataupun tulisan yang berhubungan dengan Al- Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:52
Last Modified: 27 Sep 2021 08:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item