PENERAPAN METODE TEAM ACCELERATED INTRUCTION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI SUBULUSSALAM 02 KECAMATAN SEMENDAWAI SUKU III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

KARMILAH, KARMILAH (2013) PENERAPAN METODE TEAM ACCELERATED INTRUCTION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI SUBULUSSALAM 02 KECAMATAN SEMENDAWAI SUKU III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III Kabupaten OKU Timur. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode sangat diperlukan oleh guru untuk menyajikan materi-materi pelajaran. seorang guru dituntut mampu memilih dan menggunakan metode yang tepat dan efektif. Kurang tepatnya seorang guru dalam memilih suatu metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Metode pembelajaran merupakan cara yang tepat dan telah direncanakan dengan baik oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tercapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Metode pembelajaran adalah faktor penting dalam menentukan prestasi belajar untuk semua mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Metode yang dapat diterapkan adalah metode Team Accelerated Intruction (TAI) yaitu salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang memiliki kemampuan berbeda-beda yang beranggotakan empat sampai lima orang siswa, melatih siswa untuk bekerjasama dalam kelompok, serta siswa berperan untuk mempelajari sendiri masalah yang dihadapi. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa sebelum menggunakan metode Team Accelerated Intruction pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III. Bagaimana prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode Team Accelerated Intruction pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III. Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode Team Accelerated Intruction pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Sedangkan untuk mengolah data digunakan rumus Tes “t”. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama, prestasi belajar siswa di MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III sebelum diterapkan metode Team Accelerated Intruction yaitu rata-rata hasil belajar berada dalam kategori sedang (rata-rata nilai 70) dan setelah diterapkan metode Team Accelerated Intruction, rata-rata hasil belajar berada dalam kategori sedang (rata-rata nilai 80). Kedua, hipotesis alternatif diterima atau disetujui dengan perincian adalah lebih besar daripada pada taraf signifikansi 5% yaitu: 2,13 < 4,875. Ketiga, metode Team Accelerated Intruction signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Subulussalam 02 Semendawai Suku III OKU Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12986

Actions (login required)

View Item View Item