PERILAKU SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALEMBANG

Ade Anggraeni, Dwi (2014) PERILAKU SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Dwi Ade Anggraeni.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Perilaku Siswa yang Menyontek Saat Ulangan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas VII SMP Negeri 3 Palembang”. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terdapat perilaku siswa yang kurang percaya diri akan hasil yang ia dapatkan saat ulangan, tidak adanya persiapan dalam diri siswa saat pelaksanaan ulangan dilakukan, seperti siswa yang malas belajar, selanjutnya siswa malas mengikuti remedial jika tidak lulus dalam ulangan, dan tuntutan orang tua kepada siswa untuk mendapatkan nilai yang tinggi, oleh sebab itu siswa memilih melakukan menyontek saat ulangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana perilaku siswa yang menyontek saat ulangan pada mata pelajaran PAI? Faktor – faktor apa saja yang menyebabkan siswa menyontek saat ulangan pada mata pelajaran PAI? Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui perilaku siswa yang menyontek, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa menyontek saat ulangan pada mata pelajaran PAI. Metodologi dalam penelitian ini adalah jenis data lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dengan mengumpulkan data melalui pengamatan, wawancara, pemotretan, analisis dokumentasi, catatan lapangan,yang dituangkan tidak dalam bentuk angka – angka melainkan dalam bentuk kata – kata. Jenis data berupa kata – kata bukan angka karena peneliti menggunakan jenis data kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Data Primer, yaitu data yang dikumpulkan melalui pihak pertama yang didapat melalui wawancara. Data sekunder, yaitu data pendukung dari buku – buku. Informan penelitian, yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, perilaku menyontek yang dilakukan siswa, adalah 1) siswa menyontek dengan membuka buku, 2) menyontek dengan gadget, 3) siswa menyontek dengan melirik jawaban teman sebelahnya, 4) siswa menyontek dengan membuat catatan kecil. Faktor – faktor yang menyebabkan siswa menyontek, adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, yaitu faktor faktor dalam diri siswa, seperti siswa malas belajar, siswa tidak percaya diri akan hasil yang ia dapatkan. Faktor eksternal, yaitu pengawasaan saat ulangan kurang maksimal, siswa tidak memahami materi yang telah dijelaskan, faktor teman sejawat, dan faktor orang tua yang menuntut siswa untuk mendapatkan nilai yang tinggi disekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item