PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

Sulastri, Sulastri (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SULASTRI 13270125.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut diantaranya pendekatan dalam pembelajaran. Fenomena yang terjadi dilapangan terutama dalam kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, aktivitas siswa monoton, siswa banyak menerima penjelasan guru, dan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kurang baik. Dalam pengembangan kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter dianjurkan untuk menggunakan pendekatan ilmiah atau disebut Pendekatan Santifik. Pendekatan Ilmiah atau Saintifik dianggap sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegasi diharapkan melahirkan peserta didik yang produktif, afektif, inovatif, dan kreatif. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posstest Design. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendekatan Saintifik dan apakah ada Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan Hasil Belajar dengan teknik analisis data menggunakan analisis Product Moment. Dari analisis tersebut didapat kesimpulan yaitu: dalam kurikulum k13 sangat diperlukan penerapan Pendekatan Saintifik karena mendorong siswa untuk lebih aktif beraktivitas dalam proses pembelajaran, hasil belajar siswa sebelum dan penerapan pendekatan saintifik dapat diketahui melalui hasil pre test yaitu siswa dengan nilai tertinggi ada 7 siswa (20%), nilai sedang ada 21 siswa (60%), dan nilai rendah 7 siswa (20%). Hasil pos test siswa didapat nilai tertinggi 10 siswa (28,57%), nilai sedang ada 19 siswa (54,28%), dan nilai terendah 6 siswa (17,14%). Dan signifikan pengaruh hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pendekatan saintifik dengan membandingkan besar “r” yang diperoleh dalam perhitungan (r0 = 0,862) pada taraf signifikan 1% yaitu 0,418 dan 5% yaitu 0,325 maka dapat diketahui bahwa r0 lebih besar dari pada rtabel yaitu 0,418 < 0,862 > 0,325. Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hipotesis menyatakan ada Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa di Madrasah Negeri 2 Model Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? AC ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item View Item