PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AR RAHMAN KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBNG

ALFARUQI, DECKY (2017) PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AR RAHMAN KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBNG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DECKY ALFARUQI (13210057).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perilaku Sosial Keagamaan Santriwan dan Santriwati di Lingkungan Pondok Pesantren Ar rahman Kecamatan plaju kota palembang”. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan survey objek yang diteliti. Dengan jenis data kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan perilaku sosial keagamaan santriwan dan santriwati, dan melihat faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi serta bagaimana proses pembinaannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap perilaku sosial keagamaan santri di Pondok Pesantren. Perilaku santri sudah sangat mengkhawatirkan, hal ini terbukti dengan banyaknya perilaku santri yang menyimpang, seperti tidak hormat kepada guru, mencuri, berbohong, kurang sopan, dan lain sebagainya. Tentu hal ini tidak sesuai dengan tujuan dasar pendidikan pondok pesantren secara umum. Peneliti tertarik melakukan penelitian di salah satu pondok pesantren di kota palembang, tepatnya Pondok Pesantren ar rahman kecamatan plaju kota palembang. Dipilihnya pesantren ini karena terletak di jalan tegal binangun tepatnya dipinggiran Hutan. Dengan kondisi seperti ini, tentu jauh dari keramaian dan jauh dari pengaruh yang negatif. perilaku sosial keagamaan santrinya tentu sangatlah baik. Perilaku sosial keagamaan santri di Pondok Pesantren Ar rahman ini, peneliti mengumpulkan data melalui beberapa langkah-langkah yang sistematis dan terencana dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, sehingga akan diperoleh sumber primer dan sekunder dalam penelitian. Kemudian di analisis dengan analisa deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara reduksi, display data, dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, Perilaku Sosial Keagamaan Santri di Lingkungan Pondok Pesantren Ar rahman khusus kepada guru, rata-rata hasilnya adalah baik, seperti hormat kepada guru, mengucap salam, dan bersikap tawadhu’ kepada guru. Namun lain halnya perilaku terhadap temannya sendiri, hasilnya menunjukkan bahwa perilaku mereka rata-rata kurang baik, seperti menyantuni anak yatim piatu, menasihati teman, mencuri, berkata bohong, dan menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? HX ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item View Item