KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

OGUSTIN, NOVITA (2013) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.doc

Download (295kB)
[img] Text
BAB II KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB III KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENDIDIKAN KARAKTER.doc

Download (268kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.doc

Download (38kB)

Abstract

Ibnu Miskawaih menyebutkan bahwa orang-orang terdahulu berbeda pendapat tentang respon akhlak terhadap perubahan. Sebagian mereka berpendapat bahwa orang memiliki akhlak normal, maka akhlak tersebut tidak akan berpindah darinya. Sedangkan sebagian lain berpendapat bahwa akhlak dapat diubah dengan pendidikan dan nasehat. Globalisasi yang memasuki dekade ini berdampak besar terhadap segala sendi kehidupan manusia. Nilai-nilai luhur bangsa dan agama secara bertahap terkikis oleh nilai barat dan modern. Materialis, hedonis dan individualis menjadi penyakit masyarakat. Nilai-nilai ini pula berimbas pada tradisi pendidikan yang hanya digunakan untuk mengakumulasi kapital dan mendapat keuntungan.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih? Bagaimana Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia dan apa relevansinya Konsep Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia? Dari fokus masalah tersebut penulis mengambil langkah untuk menganalisisnya atau menelitinya dengan tujuan mengetahui dan memahami Konsep Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia, sehingga dapat digunakan sebagai kontribusi pemikiran dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sedangkan metode dalam mengumpulkan data adalah dengan mencari data dokumentasi atau yang lainnya dari berbagai sumber yang sejalan dengan penelitian ini. Kemudian metode analisis data yang dipakai oleh penulis adalah content analysis dan interpretasi data. Relevansi antara konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dengan konsep pendidikan karakter di Indonesia terletak pada pengertian dan tujuan akhir dari kedua pendidikan tersebut yaitu: membentuk pribadi atau individu agar memiliki sifat mulia serta bertaqwa sesuai dengan ajaran agama Islam. Dengan menanamkan nilai-nilai karakter melalui pendekatan, pengajaran ataupn didikan dan diiringi kemauan atau kesadarannya untuk menjadi manusia yang bermoral, cerdas, kreatif, inovatif, pekerja keras dan tanggungjawab. Hasil pemaparan di atas diharapkan dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki pendidikan akhlak pada zaman sekarang, sehingga aktifitas academik yang dihasilkan bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item