PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI II PALEMBANG

Cristianti, Astri (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI astri 13270010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya. Oleh karena itu model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan apa yang harus menjadi tujuan tersebut, perbedaan dari tujuan model itu berbeda-beda sesuai dengan karakteristik-karakteristik model pembelajaran tersebut, terdapat banyak model pembelajaran yang ada sekarang ini misalnya saja model pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MIN II Palembang, bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MIN II Palembang, Bagaimana pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di MIN II Palembang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran Matematika kelas IV, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran Matematika kelas IV, untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di MIN II Palembang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian True Experimental Design. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV.C dan IV.D yang berjumlah 74 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik uji “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung dengan menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata (mean) yakni 86,08. Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) tergolong rendah dilihat dari rata-rata (mean) yakni 74,05. Dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji t jika –ttabel < thitung > ttabel atau 2,00 < 3,64 > 2,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item View Item