PENGARUH METODE BUZZ GROUP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG

RATNASARY, DESI (2017) PENGARUH METODE BUZZ GROUP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi desi fixxxx PDF.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa oleh sebab itu perlu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pendidikan formal yang berupa hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya peningkatan dan pengembangan sistem pengajaran hasil observasi awal disekolah masih kurangnya penggunan metode yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga perlunya penggunaan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemamuan bepikir kreatifnya salah satunya adalah metode Buzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Buzz Group terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan Nonequialent control group design dengan metode Quasi-Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 73 siswa. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan 2 cara, yaitu dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode Buzz Group terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu thitung 5,287 > ttabel 1,669 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka ha diterima dan h0 ditolak. Penggunaan metode Buzz Group berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif di MTs Patra Mandiri Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:54
Last Modified: 27 Sep 2021 08:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item