PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN TERHADAP DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG

RUNING NUR HIDAYATI, ETCHIC (2018) PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN TERHADAP DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ETHIC RUNING NUR HIDAYATI (12279001).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah masih banyaknya siswa yang memiliki daya ingat yang rendah dalam pembelajaran Al-Quran Hadis serta guru kurang menerapkan keterampilan guru dalam mengajar yang menyebabkan anak sulit untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan untuk mengatasinya peneliti mencoba menerapkan keterampilan memberi penguatan terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan keterampilan memberi penguatan pada mata pelajaran Al-Quran Hadis pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang, 2) Bagaimana daya ingat siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadis sebelum dan sesudah di terapkannya keterampilan memberi penguatan di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang, dan 3) Apakah ada pengaruh keterampilan memberi penguatan terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan penelitian pre-exsperimental design bentuk one-group-pretest-posstest design. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan yaitu: pertama, keterampilan memberi penguatan terhadap daya ingat siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadis dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Kedua, daya ingat siswa sebelum dan sesudah diterapkannya keterampilan memberi penguatan dapat diketahui bahwa hasil pretest siswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 3 orang siswa (14,28%), yang mendapat nilai sedang 15 orang siswa (71,42%) dan yang mendapat nilai rendah 3 orang siswa (14,28%). Dan posttest siswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 6 orang siswa (19,04%), yang tergolong sedang 16 orang siswa (76,16%) dan yang mendapat nilai terendah adalah 1 orang siswa (4,76%). Ketiga, signitifkan pengaruh daya ingat siswa sebelum dan sesudah dengan membandingkan besarnya “r” yang peneliti peroleh dalam perhitungan (ro= 0,986) yang tercantum pada tabel nilai t (rtabel5% = 0,433 dan rtabel1% = 0,549) maka dapat diketahui bahwa ro lebih besar dari pada rtabel yaitu: 0,433< 0,986 >0,549. Maka hipotesis Nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan daya ingat siswa sebelum dan sesudah diterapkan keterampilan memberi penguatan terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:54
Last Modified: 27 Sep 2021 08:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item