PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALLAMIN SANDIKA SUKAJADI

JANUARISTY, ANNISA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALLAMIN SANDIKA SUKAJADI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Annisa Januwaristy 13270007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya. Oleh karena itu model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan apa yang harus menjadi tujuan tersebut, perbedaan dari tujuan model itu berbeda-beda sesuai dengan karakteristik-karakteristik model pembelajaran tersebut, terdapat banyak model pembelajaran yang ada sekarang ini misalnya saja model pembelajaran problem based learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas eksprimen dengan menerapkan model problem based learning pada mata pelajaran IPA kelas V.B, bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional pada mata pelajaran IPA kelas V.A, adakah pengaruh penerapan dari model problem based learning terhadap hasl belajar IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mu’allamin Sandika Sukajadi? Tujuan penelitian ini mengetahui hasil belajar kelas eksprimen dengan menerapkan model problem based learning pada mata pelajaran IPA kelas V.B, untuk mengetahui hasi belajar siswa kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional pada mata pelajaran IPA kelas V.A, untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan dari model problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mu’allamin Sandika Sukajadi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V.A dan V.B yang berjumlah 48 siswa. Jenis data kualitatif dalam penelitian ini terdiri dari keadaan personil sekolah, dan nama siswa di MI Mu’allamin Sandika Sukaadi. Sedangkan data kuantitatif terdiri dari jumlah guru, dan jumlah murid di MI Mu’allamin Sandika Sukajadi. Sumber data primer adalah siswa, guru mata pelajaran IPA V.A dan V.B di MI Mu’allamin Sandika Sukajadi serta buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik uji “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung dengan menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata (mean) yakni 81. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional tergolong rendah dilihat dari rata-rata (mean) yakni 54. Dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji t jika –ttabel < thitung > ttabel atau -2,06 < 5,81 > 2,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan terhadap hasil belajar IPA kelas V di Madarsah Ibtidaiyah Mu’allamin Sandika Sukajadi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:54
Last Modified: 27 Sep 2021 08:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item