IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG

SURYANI, TRI (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRI SURYANI 13270132.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

enelitian ini berjudul Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Mata Pelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyan Negeri 1 Teladan Palembang? 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan pendekatan scientific dan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran dengan pendekatan scientific. Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu memberikan predikat kepada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi sebenarnya. Predikat yang diberikan tersebut dalam bentuk peringkat yang sebanding dengan atau dasar kondisi yang diinginkan. Penulis juga menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan pendekatan scientific di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang sudah dikatakan baik dalam penerapannya. Sekolah juga bekerjasama dengan penerbit LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) kurikulum pembelajaran dengan pendekatan scientific tidak jauh berbeda dengan dengan kurikulum sebelumnya dari Pengalaman dalam menggunakan berbagai kurikulum dan adanya akreditasi A nampaknya sudah cukup untuk menjadi modal dalam melaksanakan kurikulum 2013 secara sempurna. Dengan diadakannya diklat kepada para guru untuk memberikan arahan dan penjelasan mengenai penerapan pendekatan scientific sangat membantu para guru untuk menjamin mutu pendidikan. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran yang pertama faktor guru sebagai fasilitator. Faktor yang kedua yaitu siswa, siswa sebagai objek sekaligus subjek dalam kegiatan pembelajaran. Faktor yang ketiga yaitu fasilitas, dengan adanya fasilitas yang cukup memadai dapat menunjang keberhasilan peserta didik. Faktor penghambat dalam pembelajaran pendekatan scientific yang pertama faktor guru, kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran yaitu keterbatasan waktu dalam penyampaian pendekatan scientific. Faktor yang kedua yaitu siswa, jam masuk sekolah pada siang hari membuat pengaruh terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Faktor yang ketiga yaitu media, media yang digunakan juga berpengaruh terhadap penyampaian materi yang akan disampaikan kepada peserta didik dikarenakan media juga dapat mempermudah penyampaian informasi atau pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:55
Last Modified: 27 Sep 2021 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item