PRATIWI, MARLINDA (2017) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Skripsi Marlinda Pratiwi 13210166.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Lesson study adalah sebuah model pembinaan guru dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok guru demi mewujudkan kinerja guru ke arah yang lebih baik lagi. Lesson study sendiri bukan merupakan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan lesson study dapat menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru. Guru memiliki peran penting dalam berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran yang berlangsung. Pembelajaran yang bersifat kolaboratif sangat diperlukan, yang melibatkan semua pihak yang terkait, pengawasan secara langsung, bersifat kontekstual, dan berkelanjutan. Pembelajaran yang bersifat kolaboratif itu salah satunya adalah Lesson study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP Patra Mandiri 1 Palembang dan untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dari implementasi lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, menggambarkan dan mendeskripsikan tentang implementasi lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PAI di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Sumber data penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah data yang didapat langsung dari sumber data melalui informan sedangkan sumber data sekunder adalah data penunjang dalam penelian ini. Misalnya literatur yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitianini adalah observasi, focus group discussion, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan diklasifikasikan. Selanjutnya dianalisis dan diambil kesimpulan Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama Tim guru lesson study sudah mengikuti prosedur yang sesuai dengan aturan dan sudah memahami konsep lesson study berbasis sekolah dengan baik. Tahap plan, kegiatan yang dilakukan adalah merencanakan pembelajaran PAI yang dilakukan oleh tim guru lesson study. Tahap do, dalam tahap ini terdapat tiga kegiatan penting yaitu guru model melaksanakan pembelajarah, observer mengamati pembelajaran, dan siswa dalam pembelajaran. Tahap see, semua guru pengamat (observer) menyampaikan hasil temuannya selama proses pembelajaran berlangsung dan guru model menerima masukan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya. Kedua, faktor pendukung meliputi pemahaman guru tentang lesson study berbasis sekolah yang baik, fasilitas sekolah yang memadai dan adanya dukungan dari kepala sekolah untuk dilaksanakan lesson study berbasis sekolah. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu untuk melakukan lesson study karena jumlah jam mengajar guru di sekolah yang kurang dan adanya rasa malu guru karena dinilai oleh sesama guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:56 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:56 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13032 |
Actions (login required)
View Item |