PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PALEMBANG

SYAPUTRA, EFRAN (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EFRAN SYAPUTRA 12210070.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif dalam proses belajar di ruang kelas dapat memotivasi siswa berani mengemukakan pendapatnya, menghargai pendapat teman, dan saling memberikan pendapat. Selain itu dalam belajar biasanya siswa dihadapkan pada latihan soal-soal atau pemecahan masalah. Oleh sebab itu, pembelajaran kooperatif sangat baik untuk dilaksanakan karena siswa dapat bekerja sama dan saling tolongmenolong mengatasi tugas yang dihadapinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara aktivitas belajar siswa yang tidak diterapkan dengan yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok pada mata pelajaran PAI SMP N 46 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara aktivitas belajar siswa yang tidak diterapkan dengan yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok pada mata pelajaran PAI SMP N 46 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 tahun pelajaran 2016-17 berjumlah 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus uji-t pada hasil skor angket siswa diperoleh t hitung sebesar 10.83 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan dk=(n1+n2-2) atau 39+39-2=76 dengan taraf signifikasi 5 % yaitu 1.99. Setelah dikonsultasikan ternyata t hitung˃t tabel atau 10.83˃1.99. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dapat meningkatakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang. Untuk itu disarankan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:57
Last Modified: 27 Sep 2021 08:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item