FITRIYANI, FITRIYANI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
FITRIYANI (13270041).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran agar dapat tercapai tujuan pembelajaran salah satunya yaitu dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fiqih pada umumnya adalah hasil belajar siswa kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), karena dalam proses pembelajaran Fiqih di Madrasah masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik perhatian belajar siswa dan pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa adanya metode pembelajaran yang lebih variatif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan metode Make a Match, yang merupakan suatu metode dimana siswa dapat memadukan pertanyaan dan jawaban dengan mencaripasanganyang masing-masinganggotakelompoktidakmengetahuipasangansoaldanjawaban,sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini.BagaimanapenerapanmetodeMake a MatchpadamatapelajaranfiqihdiMadrasahIbtidaiyahDaarulAitamPalembang? Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang? Bagaimana pengaruh penerapan metode Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Adapun sampel dalam penelitian ini mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol, yang masingmasing kelas berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol). Untuk tes analisa data penulis menggunakan analisa uji “T” dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VB (kelas eksperimen) yang menerapkan metode Make a Match tergolong tinggi dengan presentase 24%, tergolong sedang dengan presentase 62%, dan tergolong rendah dengan presentase 14%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil posttest. Sedangkan hasil belajar siswa kelas VA (kelas kontrol) yang tidak menerapkan metode Make a Match tergolong tinggi dengan presentase 49%, tergolong sedang dengan presentase 16%, dan tergolong rendah dengan presentase 35%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil post-test. Dapat dilihat dari hasil uji “T” yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (to = 9.40) sedangkan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2.00) dan (tt.ts.1% = 2.65). dengan rincian 2.00 < 9.40> 2.65. maka Hipotesis Nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode Make a Match dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode Make a Match
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 07:36 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:36 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1305 |
Actions (login required)
View Item |