HENDRI, HENDRI (2017) PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MENCINTAI AL-QUR’AN DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses pengembangan diri dengan jalan mendidik, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi pribadi siswa agar memiliki pengetahuan, sikap dan skill yang baik. Dalam prosesnya pengembangan diri siswa di sekolah tidak terlepas dari peran seorang guru, termasuk juga dalam hal pengembangan minat siswa untuk mencintai Al-Qur‟an. Peran guru dalam meningkatkan minat siswa mencintai Al-Qur‟an perlu untuk dimaksimalkan karena banyak sekali manfaat yang di dapat oleh siswa itu sendiri baik dalam kehidupannya di sekolah, keluarga maupun di masyarakat. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat siswa mencintai Al-Qur‟an di MTs Paradigma Palembang dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat siswa mencintai Al-Qur‟an di MTs Paradigma Palembang. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tetang apa yang di alami oleh subjek penelitian, dengan peneliti hanya menggambarkan kejadian pada lokasi penelitian dengan mengunakan alat pengumpulan data yang di deskripsikan dengan kata-kata. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti dari sumber pertama, sedangkan sumber data sekunder ialah sumber data yang diperoleh atau dikumpulkan peneliti dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu; Pertama, peran guru AlQur‟an Hadits dalam menigkatkan minat siswa mencintai Al-Qur‟an di MTs Paradigma Palembang yaitu sebagai pendidik, penyusun, pengatur, motivator, inisiator dan pendamping. Peran guru tersebut diwujudkan dengan adanya kegiatan program BTA, hafalan juzz „amma, tilawatil Qur‟an, sosialisai dan evaluasi. Adapun bentuk minat siswa mencintai Al-Qur‟an ditunjukkan dengan siswa selalu membawa Al-Qur‟an ke sekolah, membaca, menghafal dan menghormati Al-Qur‟an. Kedua, faktor pendukung guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat siswa mencintai Al-Qur‟an di MTs Paradigma Palembang di antaranya ialah faktor keluarga, usia, fasilitas yang disediakan sekolah, manajemen waktu yang tepat, kegiatan pengembangan diri, faktor internal siswa dan dorongan dari guru. Sedangkan faktor penghambat guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat siswa mencintai AlQur‟an di MTs Paradigma Palembang ialah latar belakang siswa yang berbeda-beda, waktu yang masih kurang dan belum adanya kesadaran dalam diri siswa. Adapun solusi yang dapat di lakukan untuk mengatasi hambatan di atas ialah dengan membangkitkan semangat dan momotivasi siswa, memanfaatkan waktu yang luang/kosong dan mencegah rasa malas dengan mengingat pesan orang tua, adanya hadiah dan penghargaan dari sekolah dan menuliskan kata motivasi dikarton lalu ditempelkan di dinding kamar atau tempat-tempat yang sering di lihat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:58 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
View Item |