KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AZZAHRA TERHADAP PENINGKATAN IBADAH RITUAL DAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DI KELUARAHAN 13 ULU KECAMATAN SEBERANG ULU II PALEMBANG

KHOIRIAH, AMALIATUL (2013) KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AZZAHRA TERHADAP PENINGKATAN IBADAH RITUAL DAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DI KELUARAHAN 13 ULU KECAMATAN SEBERANG ULU II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (48kB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan kepribadian individu-individu masyarakat, sehingga masyarakat akan menjadi masyarakat yang berpengetahuan dan beradab sebagai hamba Allah SWT, sehingga dari itulah penulis mengambil judul skripsi masalah Pondok Pesantren Azzahra’ terhadap Peningkatan Ibadah Ritual dan Sosial Keagamaan Masyarakat Kelurahan 13 Ulu Kec. Seberang Ulu II Palembang. Sedangkan pokok persoalan yang menjadi Fokus penelitian ini sebagai berikut : 1. Bagaimana aktivitas Pondok Pesantren Azzahra’ di Kelurahan 13 Ulu Kec. Seberang Ulu II Palembang? 2. Bagaimana dampak kontribusi kegiatan keagamaan Pondok Pesantren Azzahra’ terhadap peningkatan ibadah ritual dan sosial keagamaan masyarakat di Kelurahan 13 Ulu Kec. Seberang Ulu II Palembang? Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui aktivitas keagamaan Pondok Pesantren Azzahra’ di Kelurahan 13 Ulu. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Pondok Pesantren Azzahra’ terhadap peningkatan ibadah ritual dan sosial keagamaan masyarakat di Kelurahan 13 Ulu. Jenis data dalam penelitian berupa data kualitatif, sedangkan sumber datanya berupa data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah masyarakat kelurahan 13 Ulu dengan menggunakan teknik pemilihan informen yaitu pemilihan informen diarahkan pada kasus-kasus tipikal yang disesuaikan dengan masalah yang diangkat dalam penelitian dengan mengambil sepenggalan kecil suatu keseluruhan yang lebih besar, dan dalam penelitian ini menggunakan sampel proposif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam ditujukan kepada masyarakat 13 Ulu terutama kaum Ibu, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan teknik diskriptif kualitatif yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi / penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Aktivitas Keagamaan Pondok Pesantren Azzahra’ di Kelurahan 13 Ulu Kec. Seberang Ulu II Palembang berdasarkan hasil wawancara Masyarakat kegiatan keagamaan itu sangat diakui oleh masyarakat cukup baik dan membantu mereka dalam mengerjakan amalan ajaran Islam, seperti diadakannya Majlis ta’lim oleh pihak Pondok Pesantren, dan lain-lain. Sedangkan untuk pengaruh kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren dalam meningkatkan Ibadah Ritual dan Sosial Keagamaan Masyarakat bisa disimpulkan bahwa Pondok Pesantren sudah cukup baik berdasarkan indikatornya yaitu pengadaan majlis ta’lim, kegiatan sosial, serta partisipasi santriwati dalam mempengaruhi atau menanamkan ajaran keagamaan masyarakat setidaknya dalam pengetahuan, amaliah, dan realisasi hidup sosial. Masyarakat sudah benar-benar memahami apa itu ajaran Islam, kesadaran dalam mengamalkannya, serta merealisasikan dalam kehidupan bersosial dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:58
Last Modified: 27 Sep 2021 08:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item View Item