UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MI.MUNAWARIYAH PALEMBANG PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

fathimah, sy (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MI.MUNAWARIYAH PALEMBANG PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPS yang dilakukan dengan metode belajar yang konvensional, misalnya hanya dengan metode ceramah, pemberian tugas dan latihan, dan demonstrasi biasa, tentu akan menimbulkan kebosanan pada siswa yang pada akhirnya akan dapat menghambat pemahaman siswa. Karena itu penulis mencoba metode Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebab dengan metode kooperatif siswa dapat belajar aktif sekaligus bersosialisasi dan bekerja sama secara baik . Rumusan masalah yang ingin diteliti oleh penulis adalah Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI MI Munawariyah Palembang dalam mata pelajaran IPS melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI MI.Munawariyah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran IPS. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes lisan, tes perbuatan.Peneliti menggunakan analisa statistik dengan cara mencari nilai rata-rata (Mean) dan prosentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI (enam) MI.Munawariyah Palembang. Bahwa setelah peneliti menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw maka terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI MI.Munawariyah Palembang. Dari hasil penelitian dan berdasarkan penghitungan data pada Bab IV maka diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam prestasi belajar siswa setelah peneliti menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw.Hal ini dapat dilihat pada perkembangan setiap siklus.Jika pada pra siklus prestasi belajar siswa hanya 3 siswa saja (7,89 %) yang memiliki prestasi atau hasil belajar yang baik dengan kualifikasi tuntas dan rata-rata nilai siswa dalam pelajaran IPS hanya mencapai 52,10%, maka pada siklus I ada 13 siswa atau 34,21% yang termasuk dalam kualifikasi tuntas dan terdapat peningkatan pada nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa menjadi 63,16%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,86% yang termasuk dalam kualifikasi tuntas, dan kemampuan nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran IPS mencapai 83.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:59
Last Modified: 27 Sep 2021 08:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item