THE CORRELATION BETWEEN PERSONALITY TYPES AND LISTENING ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF MA PATRA MANDIRI PLAJU

HABIBI, HABIBI (2016) THE CORRELATION BETWEEN PERSONALITY TYPES AND LISTENING ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF MA PATRA MANDIRI PLAJU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HABIBI (12510027).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penduduk di kampung Sukadamai ini 100% beragama Islam akan tetapi dilihat dari segi keagamaan sangat minim dan belum mencerminkan nilai-nilai keislaman, hal ini bisa dilihat pada saat peringatan hari besar Islam seperti peringatan Nuzulul Qur’an, 1 Muharram, Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, serta hari besar Islam lainnya, dimana masyarakat yang datang kemasjid untuk menghadiri acara tersebut sangat sedikit sekali tidak sesuai dengan kuantitas masyarakat yang ada di kampung Sukadamai. Tidak hanya itu, dari segi pelaksanaan shalat lima waktu di Masjid AlHikmah, jamaah yang datang kemasjid juga sangat minim sekali. Dari fenomena diatas, maka penelitian ini berjudul “Problematika Dakwah Islamiyah di Kampung Sukadamai Kecamatan Sukarami Palembang”. Dengan rumusan masalah: bagaimana problematika dakwah Islamiyah di kampung Sukadamai kecamatan Sukarami Palembang dan apa solusi yang dilakukan da’i untuk mengatasi problematika dakwah Islamiyah di kampung Sukadamai Kecamatan Sukarami Palembang. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field reserarch), dengan sumber data primer dari tokoh-tokoh masyarakat di kampung Sukadamai, dan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan interview atau wawancara. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi problematika dakwah Islamiyah di kampung Sukadamai karena kurang nya pemahaman agama pada masyarakat kampung Sukadami dan faktor pekerjaan, rata-rata masyarakat kampung Sukadamai merupakan pekerja keras, seperti kuli bangunan, sopir truk dan lain sebagainya. Dengan demikian mereka merasa letih karena seharian bekerja dan malas untuk menghadiri kegiatan dakwah Islamiyah di kampung Sukadamai. Kesimpulan yang dapat diambil adalah solusi yang dilakukan da’i dalam mengatasi problematika dakwah Islamiyah di kampung Sukadamai ialah dengan mengadakan dialog keagamaan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan ditengah masyarakat. Menjalin kerjasama dengan Pemerintah, pemuka masyarakat, pemuka agama dan masyarakat yang ada di kampung Sukadamai dan sekitarnya. Mengadakan pengkaderan da’i guna memelihara penerus aktivitas dakwah sebagai pengemban misi dakwah Rosulullah SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:59
Last Modified: 27 Sep 2021 08:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item