PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI MATERI JAMUR KELAS X DI MA PARADIGMA PALEMBANG

OSEN, MUHAMMAD (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI MATERI JAMUR KELAS X DI MA PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD OSEN (09222041).docx

Download (7MB)

Abstract

Proses pembelajaran di MA Paradigma Palembang masih didominasi oleh seorang guru atau teacher center sehingga hasilnya kurang efektif, terutama dalam pembelajaran Biologi. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin menerapkan metode Resitasi pada mata pelajaran Biologi kelas X di MA Paradigma Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi jamur kelas X di MA Paradigma Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi jamur kelas X di MA Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dimana kelas X.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas X.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 Desember 2013 sampai dengan tanggal 20 Desember 2013. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78,74 termasuk dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 66,84 termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 4,45 dan ttabel = 2,68, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi jamur kelas X di MA Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 09:00
Last Modified: 27 Sep 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item