PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG

MARDHIYAH, MARDHIYAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Post-Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI MARDIYAH Sempurnah.doc

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Hijriyah II Palembang, diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam menjelaskan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV diantara permasalahan tersebut antara lain : Pemahaman tentang pembelajaran tidak mencapai standar kelulusan minimal, Pada saat pembelajaran guru tidak menggunakan model pembelajaran, sehingga kegiatan siswa hanya membaca teks bacaan setelah itu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. Masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa MI HIJRIYAH II Palembang, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada pelajaran Bahasa Indonesia pada materi denah lokasi dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture di MI Hijriyah II Palembang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, reflkesi dan rencana perbaikan.Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 45 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah pedoman deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, siswa yang nilainya tuntas KKM 71,11% dari jumlah 45 siswa dan pada siklus II menjadi 100% dari jumlah 45 siswa. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Hijriyah II Palembang, diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam menjelaskan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV diantara permasalahan tersebut antara lain : Pemahaman tentang pembelajaran tidak mencapai standar kelulusan minimal, Pada saat pembelajaran guru tidak menggunakan model pembelajaran, sehingga kegiatan siswa hanya membaca teks bacaan setelah itu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. Masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa MI HIJRIYAH II Palembang, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada pelajaran Bahasa Indonesia pada materi denah lokasi dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture di MI Hijriyah II Palembang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, reflkesi dan rencana perbaikan.Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 45 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah pedoman deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, siswa yang nilainya tuntas KKM 71,11% dari jumlah 45 siswa dan pada siklus II menjadi 100% dari jumlah 45 siswa.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 09:01
Last Modified: 27 Sep 2021 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item View Item