PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

ROSALINA, ROSALINA (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ROSALINA (12221091).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan posstest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Nurul Iman Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 153 siswa. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII.1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian itu dilaksanakan selama empat kali pertemuan dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Dikelas ekprimen pertemuan pertama sampai ketiga diberi perlakuan berupa metode inkuiri, kemudian pertemuan keempat di ukur dengan post test untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan metode inkuiri didapat maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Kata kunci : Metode Inkuiri, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB1603 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:08
Last Modified: 28 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item