PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM(STUDI KASUS DESA HARAPAN JAYA KECAMATAN SEMENDAWAI TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (OKU) TIMUR). (Skripsi)

Mulyani, Ninik (2016) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM(STUDI KASUS DESA HARAPAN JAYA KECAMATAN SEMENDAWAI TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (OKU) TIMUR). (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumsi yang dilakukan seseorang akan berpengaruh pada perilaku konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat umum, hal ini adalah yang menjadi penyebab buruknya perekonomian suatu Negara, seperti halnya kenyataan yang kita lihat sekarang ini bahwa masyarakat tidak pandai mengatur pendapatan yang diperolehnya. Sebagian besar dari pendapatan tersebut mereka gunakan untuk mengkonsumsi barang-barang mewah yang diluar dari kebutuhan mereka, serta tidak adanya perhatian terhadap etika konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam (mengenai konsumsi). Kecenderungan dalam perilaku konsumsi yang tidak baik dapat ditemukan dalam bentuk terlalu kikir dan adakalanya dalam bentuk sikap boros, royal dan suka menghambur-hamburkan uang yang dilakukan oleh sebagian masyarakat muslim, banyak dari mereka yang menganggap bahwa uang yang mereka miliki memang sudah menjadi hak mereka yang dapat digunakan semaunya saja. Perilaku seperti ini merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran Islam mengenai konsumsi, karena Islam tidak membolehkan sikap kikir, sikap kemewah-mewahan serta melarang sikap boros dan mubadzir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Tingkat Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Desa Harapan Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Latar belakang penelitian ini adalah tingkat pendapatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengambilan sampel menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan. Dari data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah pola konsumsi dan variabel bebasnya adalah tingkat pendapatan. Hasil analisis menemukan bahwa tingkat pendapatan berpengaruh positif terhadap pola konsumsi masyarakat Desa Harapan Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendapatan, Pola Konsumsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:23
Last Modified: 15 Apr 2016 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item