PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-HIKMAH PALEMBANG

SUMIRA, SUMIRA (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUMIRA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru juga dituntut untuk mampu memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Resitasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji kepada sesama dikelas VIII ? Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode Resitasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji kepada sesama dikelas VIII ? Ketiga Apakah penerapan metode Resitasi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Aqidah Akhlak akhlak materi akhlak terpuji kepada sesama dikelas VIII? Metodologi penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang berbentuk eksperimen yaitu pemecahan masalah berdasarkan data yang berupa angka. Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode eksperimen dimana data yang dikumpulkan berkaitan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berbentuk skor/nilai kemampuan siswa yang dilihat dari hasil pre-test TSR tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa mendapatkan nilai banyak tergolong sedang nilai 50 ada 7 siswa (83,33%), dan 2 siswa (11,11%) yang mendapatkan nilai baik, serta 1 siswa (5,56%) yang mendapatkan nilai rendah dan post-test TSR tergolong tinggi, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa mendapatkan nilai banyak tergolong tinggi nilai 80 ada 6 siswa (83,33%), dan 3 siswa (11,11%) yang mendapatkan nilai baik, serta 1 siswa (5,56%) yang mendapatkan nilai rendah, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Selanjutnya analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik rumus tes “t”. populasi penelitian ini diambil penulis adalah siswa kelas VIII di MTs AlHikmah Palembang. Setelah dilakukan analisa data, maka diperoleh perincian tt pada taraf signifikan 5% sebesar 2,26 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 3,25. Ternyata hasil to lebih besar dari pada tt, yaitu : 2,26 < 20,8 > 3,25. Karena itu hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak sehingga ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:09
Last Modified: 28 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13104

Actions (login required)

View Item View Item