UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV MI NURUL HIDAYAH PALEMBANG

UTSMAN, UTSMAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV MI NURUL HIDAYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
PTK Utsman MI Nurul Hidayah Gandus Palembang.docx

Download (3MB)

Abstract

Kondisi awal sebelum diadakan penelitian siswa MI Nurul Hidayah Palembang beranggapan bahwa pelajaran IPA itu sangat sulit, tidak menarik dan sulit dipahami, ini dikarenakan guru dalam pembelajaran di kelas, menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang banyak di dominasi oleh ceramah, sehingga kurang menarik bagi siswa dan membuat siswa enggan belajar. Oleh karena itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui model pembelajaran yang baru bagi siswa yaitu menggunakan model pembelajaran picture and picture bagi siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Palembang semester I tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model data kualitatif dianalisis dengan membuat penilaian kualitatif (katagori), sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan rumus kuantitatif yang sederhana yakni dengan persentase % . Sedangkan aktivitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi daur hidup hewan bagi siswa kelas IV MI Nurul Hidayah semester I tahun pelajaran 2014 / 2015. prestasi belajarb siswa dari kondisi awal ke siklus III terdapat peningkatan aspek tanggung jawab dar cukup menjadi baik, aspek tekun dari cukup baik menjadi amat baik, aspek memiliki sejumlah usaha dari cukup baik menjadi baik, aspek memperhatikan umpan balik dari cukup baik menjadi baik, aspek waktu penyelesaian tugas dari cukup baik menjadi baik, dan aspek menetapkan tujuan yang realistis dari cukup baik menjadi amat baik. Hasil ulangan harian siklus III mengalami peningkatan dibanding dengan kondisi awal ketuntasan siswa pada siklus III mencapai 91.6 %. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 60,8 menjadi 73,3 meningkat menjadi 81,1.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:10
Last Modified: 28 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item