EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

aziz, rizqi (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
9. BAB I.docx

Download (62kB)
[img] Text
10. BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
11. BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
12. BAB IV.docx

Download (52kB)
[img] Text
13. BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Model pembelejaran problem posing dapat memotivasi siswa untuk berpikir kritis serta mampu memperkaya pengalaman-pengalaman belajar, sehingga akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran problem posing menuntut siswa untuk mampu menerima, merespon, menghargai, dan mengorganisasikan meteri pelajaran yang ia dapatkan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis di SMP Negeri 2 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin pada tanggal 28 Juli 2014, penulis mengamati proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lalan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing. Dari hasil dari pengamatan penulis, proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lalan masih belum maksimal, karena guru masih sering menggunakan pola lama dalam mengajar dan media yang digunakan dalam penyampaian meteri adalah media papan tulis. Penerapan model pembelajaran problem posing adalah salah satu cara guru agar siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang yang di uraikan di atas, maka peneliti anggap perlu untuk melakukan penelitian ilmiah tentang efektivitas model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 2 Lalan Kabupaten Musi Banyuansin. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: “Bagaimana efektivitas hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin?, Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin?, Apakah dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental design yang dilaksanakan dengan mengadakan kelompok pembanding (kelas eksperimen dan kelas kontrol) yang dipilih secara cluster random sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dekumentasi, dan test. Dalam penelitian ini, kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas ekperimen sebanyak 32 siswa dan VIII 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh, siswa yang tuntas di kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa, siswa yang tuntas di kelas kontrol sebanyak 5 siswa dan yang tidak tuntas 27 siswa. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh thitung sebesar 6,78. Perhitungan ttabel dengan membandingkan thitung baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,00 < 6,78 > 2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:10
Last Modified: 28 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item