PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI SMP SERI TANJUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

Yanti, Yuli (2012) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI SMP SERI TANJUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Revisi.doc

Download (583kB)

Abstract

Pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan bangsa harus mendapat perhatian yang serius dari semua pihak, terutama pihak-pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan yaitu seorang guru. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi dan rasa kedisiplinan yang tinggi. Salah satu dari kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian. Penelitan yang dilakukan dalam skripsi ini membahas tentang ”pengaruh kompetensi kepribadian terhadap kedisiplinan guru di SMP Seri Tanjung”. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian dan kedisiplinan guru di SMP Seri Tanjung, dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan kedisiplinan guru di SMP Seri Tanjung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode angket, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data dianalisis dengan rumus Product Moment, sedangkan yang menjadi respondennya adalah guru. Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kompetensi kepribadian guru SMP Seri Tanjung termasuk kategori tinggi. Hal ini dapat terlihat pada analisis yang diperoleh dari 17 responden guru, yang mana 8 (47,06%) orang guru dengan kategori tinggi, 6 (35,29%) orang guru kategori sedang, dan 3 (17,64%) orang guru kategori rendah. Sedangkan kedisiplinan guru SMP Seri Tanjung terkategori tinggi juga. Yang mana 10 (58,82%) orang guru dengan kategori tinggi, 5 (29,41%) orang guru kategori sedang, dan 2 (11,76%) orang guru kategori rendah. Berdasarkan analisia product moment ternyata terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap kedisiplinan guru di SMP Seri Tanjung. Hal ini terbukti baik dari angka korelasi dari responden guru maupun responden siswa berikut: hasil dari responden guru yaitu: pada taraf 5% maupun 1% yaitu 0,482 < 0,873 > 0,606. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan kepada para guru agar lebih meningkatkan kompetensi guru terkhusus kompetensi kepribadian, yaitu kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, serta berakhlak mulia sehingga menjadi teladan bagi peserta didik, diharapkan kepada para guru senantiasa meningkatkan kedisiplinan, karena guru yang datang terlambat akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran dan akan mempengaruhi semangat belajar siswa, dan diharapkan kepada kepala sekolah supaya bekerja sama dengan para guru untuk menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:11
Last Modified: 28 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item