PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED (JARING LABA-LABA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV DI SDN I SECONDONG KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI

INDRIYANI, LUSI (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED (JARING LABA-LABA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV DI SDN I SECONDONG KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
LUSI INDRIYANI 13270055.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis karangan narasi penting dimiliki oleh siswa di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Dikatakan demikian, karena dengan adanya kepemilikan keterampilan menulis karangan narasi siswa akan dapat memiliki kemampuan menulis karangan narasi dengan baik dan benar. Penerapan model pembelajaran webbed dalam pembelajaran menulis karangan narasi memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif, melatih kemampuan menulis. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model webbed terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV, bagaimana keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah menerapkan model webbed di kelas IV, adakah pengaruh penerapan model webbed terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SDN I Secondong. Tujuannya untuk mengetahui penerapan model webbed terhadap keterampilan menulis karanga narasi siswa kelas IV, untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah menerapakan model webbeddi kelas IV, dan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model webbed terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SDN I Secondong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain penelitian one-group pretest-posttest design. pengambilan yang digunakan adalah sampel jenuh dengan 20 siswa. Untuk memperoleh data penulis menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Product Moment.Hasil penelitian sebagai berikutketerampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia sebelum penerapan model webbed di kelas IV SDN I Secondong dengan nilai pretest kategori tinggi berjumlah 7orang (35%), sedang berjumlah 1 orang (5%), dan yang tergolong rendah berjumlah 12 orang (60%). Keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia sesudah penerapan model webbed di kelas IV SDN I Secondong dengan nilai posttest kategori tinggi berjumlah 12 orang (60%), sedang berjumlah 1 orang (5%), dan yang tergolong rendah berjumlah 7 orang (35%). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji statistik product woment yang dilakukan pada nilai tes sebelum (pretest ) dan sesudah (posttest) disimpulkan bahwa rxy atau ro (yang besarnya = 0,960) jauh lebih besar dari pada rtabel (yang besarnya 0,444 dan 0,561). Karena ro lebih besar dari pada rtabel maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, ini berarti Ada pengaruh penerapan model webbed terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN I Secondong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:11
Last Modified: 28 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item View Item