UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS II SD NEGERI 1 SUKA MULYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

MULYATI, MULYATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS II SD NEGERI 1 SUKA MULYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (24kB)

Abstract

Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pendidikan Agama Islam dikenal banyak metode dan model pembelajaran yang baik dan salah satunya adalah metode demonstrasi yang digabungkan dengan model pembelajaran picture and picture yang dapat digunakan dan diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lebih khusus lagi kualitas hasil pembelajaran. Dengan dasar ini penulis meneliti “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Cara Berwudhu Menggunakan Metode Demonstrasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture di Kelas II SD Negeri 1 Suka Mulya Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudhu menggunaan metode demonstrasi melalui model picture and picture di kelas II SD Negeri 1 Suka Mulya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Rumusan masalah adalah apakah penggunaan metode demonstrasi melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudhu di kelas II SD Negeri 1 Suka Mulya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar yang terkategori rendah ada 7 orang atau 28% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak terlibat aktif adalah sebanyak 6 orang siswa. Hal ini disebabkan siswa belum mampu memahami tata cara berwudhu yang dijelaskan, di mana siswa ikut dalam kegiatan proses belajar hanya duduk dan diam selama proses belajar dan belum bisa mendemonstrasikan pelajaran dengan baik. Hasil penelitian siklus II ditemukan bahwa siswa telah memperoleh nilai berkisar antara 70 dan 80, hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar tertinggi sebanyak 12 orang atau 48% dari 25 orang siswa dan siswa yang terlibat aktif sebanyak 14 orang siswa. Sementara siswa yang mendapatkan hasil belajar terkategori sedang sebanyak 9 orang atau 36% dari 25 orang siswa dan siswa yang terlibat pasif adalah 6 orang siswa. Sedangkan siswa yang mendapatkan hasil belajar terkategori rendah ada 4 orang atau 16% dari 25 orang siswa dan 5 orang siswa yang tidak terlibat. Siklus III ditemukan bahwa siswa telah memperoleh nilai berkisar antara 75 dan 90, hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar tertinggi sebanyak 19 orang atau 76% dari 25 orang siswa dan siswa yang terlibat aktif adalah 21 orang siswa. Sedangkan siswa yang mendapatkan hasil belajar terkategori sedang sebanyak 6 orang atau 24% dari 25 orang siswa dan siswa yang terlibat pasif sebanyak 4 orang siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:11
Last Modified: 28 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item