PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I PALEMBANG

HENNY, HENNY (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I skripsiku.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II skripsiku.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III skripsiku.doc

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV skripsiku.docx

Download (839kB)
[img] Text
BAB V skripsiku.docx

Download (18kB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut diantaranya adalah media pembelajaran. Fenomena yang terjadi di lapangan terutama dalam kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, aktivitas siswa monoton, siswa banyak menerima penjelasan guru, dan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang baik. Kemajuan teknologi saat ini telah berdampak positif dalam dunia pendidikan yaitu dengan hadirnya multimedia guna membantu guru dalam menyampaikan bahan ajar pada proses kegiatan belajar mengajar yang dalam hal ini media animasi. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dan apakah ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dan apakah ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis nilai pretest diperoleh harga thitung yaitu 1,22 dengan harga ttabel pada taraf signifikan 1% dan dk= (32+30)-2 yaitu ttabel= 2,66. ternyata thitung < ttabel atau 1,22 < 2,66. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak sehingga hipotesis menyatakan bahwa “ tidak ada pengaruh sebelum penggunaan media animasi dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem sirkulasi. Sedangkan analisis hasil belajar (postest) diperoleh harga thitung sebesar 3,745 dengan harga ttabel pada taraf signifikan 1% yaitu 2,66 ternyata thitung > ttabel atau 3,745 > 2,66. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak Ha diterima sehingga hipotesis menyatakan bahwa “ ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem sirkulasi/ sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:11
Last Modified: 28 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item