UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDN 39 DESA JANGGA KELURAHAN PADANG TEMU KECAMATAN DEMPO TENGAH PAGARALAM

harahap, ceria (2012) UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDN 39 DESA JANGGA KELURAHAN PADANG TEMU KECAMATAN DEMPO TENGAH PAGARALAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI UPAYA GURU PAI.doc

Download (398kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa untuk mengetahui keadaan akhlak siswa dan untuk mengetahui kendala guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana upaya guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa, bagaimana keadaan akhlak siswa, dan apa saja kendala guru PAI dalam upaya pembinaan akhlak siswa. Jenis data dalam penelitian ini ada data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang dimaksud adalah upaya guru PAI dan kendala guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa, sedangkan data kuantitatif yang dimaksud adalah jumlah siswa, jumlah guru serta keadaan sarana dan prasarana sekolah. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, yakni guru PAI dan siswa yang menjadi sampel, dan data sekunder yang didapat dari kepala sekolah, dokumen dan literatur. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas III, IV, dan V di SDN 39 Pagaralam yang berjumlah 37 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas III, IV, dan V. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan statistik, yaitu distribusi persentase. Hasil dari penelitian ini adalah keadaan akhlak siswa juga tergolong sedang yaitu 15 orang responden (40,54%), upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa tergolong sedang yaitu 19 orang responden (51,35%), dan terdapat beberapa kendala-kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa diantara adalah tingkat kecerdasan (IQ) siswa yang berbeda-beda sehingga menjadi problem bagi guru PAI dalam menyampaikan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, ada sebagian dari siswa yang tidak memiliki buku pelajaran Agama Islam sehingga guru PAI sulit untuk menjelaskan materi pelajaran. Selain itu ada sebagian siswa masih sering bermain-main, tidak memperhatikan secara baik bila guru sedang menyampaikan pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:12
Last Modified: 28 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13133

Actions (login required)

View Item View Item