KORELASI ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

SERI HARPIA, AAT (2013) KORELASI ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
bab keseluruhan aat seri harpia.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa cukup mempengaruhi kemampuan intelektual siswa agar dapat berfungsi secara optimal. Semakin baik aktivitas belajar siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai dan jika aktivitas belajar siswa kurang baik atau rendah maka prestasi belajar yang akan dicapai oleh siswa pun akan rendah. Rumusan masalahnya adalah bagaimana Aktivitas Belajar siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung, bagaimana Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung, dan apakah ada Korelasi antara Aktivitas Belajar dengan Prestasi Belajar siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung, dan untuk mengetahui Korelasi antara Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung, berjumlah 42 siswa, dari populasi tersebut semuannya diambil untuk menjadi sampel. Kemudian untuk memperoleh data penulis menggunakan alat pengumpulan data yaitu: observasi digunakan penulis untuk melihat gejala-gejala yang nampak, dokumentasi digunakan penulis untuk menghimpun data dokumentasi terutama yang berkenaan dengan prestasi belajar. Penulis juga menggunakan Angket dalam penelitian ini untuk disebarkan kepada responden yang berisikan pertanyaan-pertanyaan tentang aktivitas belajar. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu siswa siswi yang menjadi sampel dalam penelitian ini, dan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, jurnal, dokumentasi sekolah, serta sumber lainnya yang dapat menunjang dalam memperoleh data penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Hasil penelitian yang diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung tergolong “sedang” yaitu sebanyak 27 orang siswa atau (64,3%). Sedangkan, prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung tergolong “sedang” yaitu sebanyak 26 orang siswa atau (61,9%), walaupun masih ada siswa yang masih menunjukkan aktivitas belajarnya kurang baik. Berdasarkan uji statistik bahwa nilai korelasi yang didapat lebih besar dari harga “r” tabel, baik pada tarap 5% (0,304) maupun 1% (0,393) atau 0,304 < 0,956 > 0,393 maka Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung. Dengan demikian semakin tinggi aktivitas belajar siswa maka prestasi belajar siswa akan lebih baik. Skripsi ini sebagai sumbangsi penulis kepada semua pihak, khususnya bagi Madrasah Aliyah Nurul Islam Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dan UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:12
Last Modified: 28 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item